Breaking News

BRITIS Kunjungan Ke Makam Leluhur Sumedang

Sepekan lalu, (Minggu, 5 Juni 2016) tujuh anggota Britis bersama Ketua Umum dan beberapa Pengurus mengadakan touring sejarah di Sumedang, tepatnya mengunjungi lokasi situs bersejarah Makam Prabu Tadjimalela di Gunung Lingga, Ds. Cimarga, Kec. Darmaraja.

Agenda informal klub yang digagas oleh Ketua Umum ini dimaksudkan sebagai trigger untuk lebih meningkatkan kesadaran akan sejarah dan budaya lokal (Sumedang) di kalangan internal klub. Selain belajar mengenai riwayat Prabu Tadjimalela itu sendiri, di sana kami pun melakukan aksi beberesih.


Situs makam Prabu Tajimalela merupakan salah satu cagar budaya di Kab. Sumedang yang dilindungi Undang-Undang RI No. 5/1992 tentang Benda Cagar Budaya. Prabu Tadjimalela atau Batara Tuntang Buana sendiri semasa hidupnya merupakan Raja Pertama dari Tembong Agung (721-778), cikal bakal kerajaan Sumedang Larang.

Nama Sumedang diambil dari salah satu ucapan Prabu Tadjimalela yaitu :
“In(g)sun Medal In(g)sun Madangan”
"In(g)sun" artinya “saya”, "Medal" artinya "lahir" dan "Madangan" artinya "memberi penerangan". Secara filosofis ucapan Prabu Tadjimalela tersebut maknanya “Aku lahir untuk memberikan penerangan”. Dari kata-kata tersebut terangkailah kata Sumedang.

Ke depan aksi-aksi semacam ini, yang bersinggungan langsung dengan alam maupun budaya, akan dituangkan dalam sebuah program organisasi yang dinamakan "Britis for Nature and Culture" yaitu kegiatan kolektif untuk sadar akan pentingnya melestarikan dan menjaga alam dan budaya. (B-081)


HIDUP BRITIS!
BHIRAWA ANORAGA!

***





No comments